Streaming Provider By : TOIB Radio

Tutorial Blog Pemula

Menumbuhkan Nasionalisme


Sesuatu yang sangat sulit untuk kita mencari metode bagaimana cara menumbuhkan NASIONALISME di tengah era globalisasi seperti sekarang.untuk menumbuhkan Nasionalisme Konvensional dengan pendidikan Formal dirasa kurang efektif.

Dinding Globalisasi dan Neoliberalisasi secara sadar ataupun tidak sudah terlalu kuat untuk ditembus oleh metode pendidikan konvensional. Untuk itu diperlukan metode yang lebih kuat, efektif dan efisien. menemukan metode yang ideal dalam menumbuhkan nasionalisme, kita perlu melihat lebih ke dalam seperti apa karakter masyarakat kita Indonesia.

Masyarakat Indonesia adalah masyarakat plural yang tidak dapat digerakkan begitu saja tanpa adanya momentum tertentu. Jadi menumbuhkan sikap nasionalisme perlu dicari sebuah momentum. Pada masa penjajahan, momentum untuk menumbuhkan nasionalisme sangat mudah dicari, karena pada masa itu masyarakat Indonesia punya musuh yang sama yaitu agresor Belanda.
Pada masa sekarangpun seharusnya momentum dapat dicari karena pada masa ini pun banyak terjadi ketidakadilan yang seharusnya bisa dijadikan momentum untuk menumbuhkan Nasionalisme.

Pada masa Orde Baru, pemerintahan Soeharto berhasil mengolah isu Pertahanan Keamanan Rakyat Semesta dan Bahaya Laten Komunis sebagai pemantik nasionalisme, seharusnya Kasus korupsi yang semakin menjadi – jadi, kasus HAM yang selalu tidak tuntas ditangani atau kasus separatis di daerah – daerah pun bisa dijadikan pemantik semangat nasionalisme generasi muda pada masa sekarang ini.

Yang paling mujarab adalah ketika bangsa ini di duduki contoh kapal perang Malaysia yang masuk di perairan NKRI serta lepasnya Sipadan dan banyak budaya yang telah di kleam oleh Malaysia, saya yakin bangsa Indonesia merasa marah, timbul lah rasa Nasionalismenya karena kasus atau kejadian tersebut, mari kita Pemuda khususnya dan seluruh bangsa Indonesia bersatu mewujudkan rasa Cinta tanah air, tanah yang telah diperjuangkan oleh pejuang bangsa sampai meneteskan darah, mari kita hargai mereka yang telah rela mempertaruhkan nyawa…

dengan mewujudkan Rasa Nasionalisme
untuk pemerintah Hanya saja metode ini tidak akan berhasil sebelum terbangun citra yang baik terhadap pemerintah. Jadi sebelum menumbuhkan nasionalisme pemerintah perlu membangun citra yang baik terlebih dahulu agar kepercayaan masyarakat semakin bertambah, sehingga usaha memantik jiwa nasionalisme yang seperti ini tidak hanya menjadi omong kosong.

0 komentar:

Daftar Isi

UNTUK MU INDONESIA © 2008 Por *Templates para Você*